Kamis, 02 Agustus 2012

Tonjokan yang ber-Rasa

Date: 29 Juli 2012
Time: About 2.30 am

                Saat itu masih di sekolah dan ceritanya aku (masih) sekelas sama orang yang ngunci aku di perpus SMP. Orangnya itu seru, tapi nggak asiknya itu pas pelajaran. Dia jarang banget yang namanya merhatiin guru, orangnya nyantai banget, bahkan terlampau nyepelein. Ada tugas individu atau kelompok, selalu aja nggak serius. Jadi, kalo sekelompok sama dia, mending nggak usah dikasih tugas deh, daripada nggak kelar. Makanya jarang anak-anak kelas milih dia jadi kelompok belajarnya, itu kalo anggota ditentuin sendiri. Jadi dia pasti jadi pilihan terakhir—atau kalo nggak semua lupa akan keberadaannya—dan itu nular juga ke aku. Betenya lagi, pas ada mapel yang rada masih bingung, nanya ke dia itu percuma. Akhirnya aku biarin aja kalo gitu. Ehm, cukup ah buat deskripsi tentang A—disini aku pake inisial itu aja.

                Kayaknya anak-anak kelas lagi pada ngumpul dan ngobrol-ngobrol. Entah jam kosong, istirahat, atau udah selesai sekolahnya aku lupa. Kita lagi debat pendapat soal sesuatu di teras depan kelas. Aku sedang duduk di lantai, A duduk di kursi panjang dan tepat di arah timur laut dariku. Temen di seberang lagi bicara tiba-tiba dia nyerocos entah apa yang dibicarakannya. Itu berlangsung dengan frekuensi yang lumayan dan it’s makes me SICK! Kesannya itu dia sotoy banget. Sok tau ini itu padahal faktanya itu sering nggak bener—aku udah buktiin itu selama satu tahun sekelas dengannya. Nggak cuma pas ngobrol di teras kelas aja, pas jalan dilorong sekolah juga dia nyerocos dengan gaya sok gaul dan sok tau-nya. Aku sih bisa aja ngacir ninggalin dia karena muak, tapi entah kenapa aku nggak bisa.
               
                Dan pada suatu hari saat aku udah super duper MUAK. Dia masih aja nyerocos dengan gaya sok gaul dan sok tau persis di hadapanku. Aku—entah kerasukan apa—langsung tonjok mukanya yang ternyata kena hampir tepat di mulutnya dengan kepalanku yang ternyata rasanya cukup keras.

                “Lho nduk kowe lapo jotos ibu?”
                Hening.
               
                Aku tersadar dan ternyata itu cuma mimpi. Namun tonjokannya terasa real dan itu juga benar-benar kena muka IBU aku! Buru-buru aku minta maaf sama ibu dalam kegelapan malam dan refleks aku nangis sampai sesenggukan. Kaget, bingung, bersalah, sedih, dan agak geli larut dalam pelukan ibuku yang membuat sesenggukanku berangsur reda. Nggak lama alarm sahur pun berbunyi. Yang gue pikir, ‘Kenapa gue bisa ngelakuin ini ke ibu? Posisi A dan ibu gue juga berhadap-hadapan kayak waktu itu. Aneh bin nggak nyambung.’
               
                Dimensi dunia nyata, mimpi sama gaib itu memang misteri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar