Kamis, 16 Juni 2011

make some 'PIZZA'

Day, Date: Thur, June 16 2011
Time        : 10-11:30 am
Saya tuh termasuk orang yang kurang doyan makanan luar yang menurut saya rada nggilani (disgusting)--karena dikit banget pake rempah dan rasanya yang kurang nendang. Dan tidak cocok dengan lidah Jawa-ku ini. Tapi ndak tau kenapa kok tiba-tiba pengen bikin masakan yang kayak gituan.
Karena penasaran akhirnya mulailah aksi nekatku ini. Bermodal resep yang katane ibuku paling simpel, serta memakai bahan-bahan seadanya yang di dapur maupun warung. So, here me go...

A very simple Pizza recipe
Bahan:
► 200 gr tepung terigu
► 1/2 sdm gula pasir
► 1 sdt ragi instan
► 100 ml air
► 1 sdt garam
► 1 sdm minyak sayur


Cara buat:
1. Saus: Panaskan minyak, tumis bawang bombay sampai harum, masukkan saus tomat, garam, merica bubuk, gula pasir dan aduk rata.


2. Kulit: Campur terigu, gula, ragi, aduk rata. Masukkan air, garam dan minyak. Uleni hingga kalis, diamkan 15 menit agar mengembang.


3. Bagi adonan menjadi 2 bagian, tipiskan adonan. Masukkan adonan ke wajan anti lengket (atau di olesi minyak dahulu) Masak dengan api kecil sampai matang atau kira-kira 5 menit.


4. Olesi kulit dengan saus, beri potongan paprika, sosis, keju atau topping sesuai selera. Masak kembali dengan api kecil.
(: hidangkan selagi hangat :)


Haruse bahan-bahan dan cara buatnya kayak di atas itu, namun yang saya lakukan (karena situasi dan kondisi) :

daun Mengganti bawang bombay dengan bawang putih.


daun Topping n saus asal-asalan yang tak pake antara laen: bawang merah, daun bawang, daun soto (kucai)

daun Gak bisa bentuk tuh adonan jadi lingkaran lebar, pas ng-tipisin pake botol minum aja susah, ya sejadine wae...

daun Biasane pizza kan di panggang pake topping, lha aku yang baru nyadar pas udah jadi--cuma ngakak seadanya

daun Dan saya baru sadar kalo pizza juga pake mayonaise, pas liat jadinya "kok pas dulu beli toppingnya nempel ke rotinya, lha ini kok nggak ya?" Hahha...


(kiri) Pizza A, Pizza B (kanan)

A. Pizza yang lumayan empuk, rada tebel juga rada pedes, dengan topping sosis n keju :D
B. Pizza yang tipis, crunchy, tapi atos (alot, keras) dengan topping keju dan saus yang lebih banyak n rame serta rasanya tetap rada pedas.
Kesimpulan: <<apaan coba? Saya banyak menggunakan bawang putih dan saus yang gak bisa encer menyebabkan saya sedikit pake saus karena 'extra pedas' kalo di pake semua dan sausnya hampir abis (siap di semprot bonyok)

PS: KHUSUS ORANG2 YANG GAK BISA MASAK SPT SAYA, WAJIB COBA! Asal pake hati n niat, pasti jadi--maksud saya rasanya gak buruk-buruk amat... :D

*setelah jadi...
 


~FIN~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar