Jumat, 24 Juni 2011

Terjerat Jerawat? Jangan kasih ampun..

Bintil-bintik di muka muncul, tepatnya di jidat! Ah sial emang, mana poni rambut udah panjang se-dagu. Gak guna kalo buat nutupin, ntar se-muka jadi horror--iya sih kalo jerawat gak boleh di tutupin rambut, ntar lembab malah makin banyak tumbuh jarawat. Kalo aku tadi sih tak pencet-pencet dan gosok-gosokin tuh jerawat n ngarep lenyap saat itu juga. Yah emang saran yang blo'on dan aneh, juga gak sesuai yang biasanya... hehe

Nah setelah cari-cari artikel, ringkasnya jerawat tuh disebabkan n mencegahnya oleh:
Emoticon Pubertas: Berkaitan erat dengan perubahan hormon, khususnya bertambahnya hormon androgen yang meningkatkan kadar minyak, yang terjadi pada diri seseorang.
Emoticon Kebiasaan memencet atau memijat-mijat komedo (pori-pori yang tersumbat, dan terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam) sembarangan dengan menggunakan tangan yang kotor, maka akan berpotensi menjadi jerawat. *ternyata bener...
Emoticon Alergi maupun penggunaan komestik yang tidak cocok dengan kulitmu.
Emoticon Iklim yang panas, cenderung membuat wajah berminyak, dan menyebabkan timbulnya jerawat.
Emoticon Tekanan batin atau stres, yang menyebabkan perubahan pada hormon kamu. Termasuk rasa 'kangen' pada seseorang, ganti rasa kangen tsb dengan mengingat betapa bahagianya kamu memiliki seseorang seperti dia... *kayaknya aku juga...
Emoticon Pola hidup, terlampau sering mengkonsumsi daging, makanan pedas, atau mengandung minyak yang berlebihan dapat menimbulkan jerawat. Gaya hidup yang kurang bersih, juga punya dampak sendiri bagi kesehatan kulit, khususnya wajah yang kusam, berminyak dan tidak cerah. Selain itu, kebiasaan tidur yang tidak teratur (seperti sering begadang atau kurang tidur) juga menyebabkan wajah berpotensi untuk berjerawat. 
Emoticon Jenis kulit, bila kulit memiliki sifat berminyak, maka potensi berjerawat lebih banyak dibandingkan kulit normal dan kulit sensitif. Sebab kulit berminyak memproduksi minyak berlebih. Bila tidak rajin dan ekstra melakukan pembersihan di wajah, sebentar saja wajah akan mudah berjerawat.
Emoticon Berminyak atau Make Up yg Berat: memiliki kemampuan untuk menyumbat pori-pori, sementara berminyak make-up tambahkan minyak tambahan; hal ini hanya berkontribusi pada masalah jika kulit berminyak sudah hadir Kosmetik yang harus dihindari adalah pelembab tertentu, minyak rambut, khususnya yang membawa petrolatum, asam oleat, minyak sayur, lanolin, butil stearat, lauril dan alkohol.
Emoticon Kosmetik kosmetik Berminyak dapat mengubah sel-sel dari 
Emoticon Faktor Lingkungan Kelembaban tinggi membuat kulit membengkak dan polusi buruk tidak hanya untuk kulit namun juga kesehatanmu.
Emoticon Tangan Kotor maksudnya hendaknya mencuci atau membersihkan tangan sebelum menyentuh wajah.
Emoticon Banyak-banyaklah meminum Air Putih. Air putih dapat melancarkan peredaran darah yang akan membersihkan sisa kotoran yang menempel yang nantinya dikeluarkan melalui keringat maupun air seni. Minum air putih sangat bermanfaat sekali, karena jerawat juga bisa disebabkan oleh pencernaan maupun darah yang kotor.
Emoticon Sebisa mungkin hindari kosmetik yang berminyak. Secara alami wajah kita akan menmproduksi minyak, bahkan kulit kering sekalipun. Jadi sebisa mungkin hindarilah hindarilah menggunakan kosmetik yang berlebihan karena minyak dan debu akan menjadi media bakteri penyebab jerawat untuk bermukim di wajah kita.
Emoticon Tidur yang cukup dan teratur. Kulit juga sama seperti kita, butuh istirahat. Jadi biasakanlah untuk tidur yang cukup dan teratur. Karena saat kita tidur, kulit akan beregenerasi dan membuang racun2 yang berbahaya sehingga saat kita bangun keesokan harinya kulit kita akan kebali segar.
Emoticon Sering-seringlah makan sayur dan buah. Sayur2an mengandung banyak vitamin yang menyehatkan kulit kita. Perbanyaklah makan sayur atau buah, terutama yang mengandung vitamin E. Dengan kulit yang sehat, maka jerawat akan sukar untuk tumbuh dan berkembang.
Emoticon Gunakan pelembab kulit Menggunakan pelembab akan membantu menyehatkan kulit kita, terutama dari kulit kering dan pecah2. Namun pelembab disini bukan berarti pelembab yang berminyak..sekarang sudah banyak produk kosmetik yang berbahan dasar air.



Udah tahu penyebabnya, di bawah ini saya punya ramuan alami meminimalisir (?) jerawat:
1. Bersihkan wajah dengan pembersih muka, lalu oleskan madu ke bagian yang berjerawat atau ke seluruh wajah (digunakan seperti masker), diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan dua kali sehari. Cara ini juga dapat digunakan sebagai penghalus kulit.

2. Peras jeruk lemon, ambil airnya, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Biarkan beberapa lama lalu basuhlah dengan air bersih.
3. 20 gram kunyit (diiris tipis) + 15 gram asam jawa + gula aren secukupnya, direbus dengan 300cc air hingga tersisa 200cc, disaring, airnya diminum. Lakukan 2 kali sehari.

Selamat mencoba! ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar